Back
Next

WORKSHOP PENGELOLAAN SPESIES SECARA GLOBAL UNTUK 3 SATWA ENDEMIK INDONESIA
Author Editor
Saturday - January 30, 2016 1:35 pm
WORKSHOP PENGELOLAAN SPESIES SECARA GLOBAL UNTUK 3 SATWA ENDEMIK INDONESIA
Selama ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan telah melakukan banyak upaya konservasi satwa liar terutama satwa endemik Indonesia. Sebagai aksi untuk meningkatkan upaya tersebut, pada minggu ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menggelar Workshop bertajuk Global Species Mangement Planning (GSMP) untuk 3 satwa endemik Indonesia yaitu Banteng Jawa, Anoa, dan Babirusa.
 
Sebagaimana diketahui, 3 satwa ini terus mengalami tren penurunan populasi dan terancam punah karena berkurangnya atau kerusakan habitat serta perburuan liar. Bahkan untuk Banteng Jawa di Jawa Timur seringkali diburu masyarakat karena dianggap merusak lahan pertainan dan perkebunan.

 
Workshop hasil kerjasama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Taman Safari Indonesia, Perhimpunan Kebun Binatang se-Indonesia (PKBSI), Perhimpunan Kebun Binatang se-Eropa (EAZA), AZA North America, IUCN Species Survival Commission (IUCN SSC), IUCN SSC Asian Wild Cattle Specialist Group (AWCSG), IUCN SSC Wild Pig Specialist Group (WPSG), serta didukung oleh beberapa kebun binatang dari seluruh dunia ini diselenggarakan pada tanggal 25 – 30 Januari 2016 di Royal Safari Garden Hotel – Cisarua, Bogor. Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Dr. Ir. Novianto Bambang Wawandono, M.Sc ini bertujuan untuk menyelaraskan konservasi in-situ dan ex-situ Banteng, Anoa, dan Babirusa.
Pengelolaan spesies ini memiliki tujuan yang telah ditetapkan dan disepakati bersama secara global dan juga mempertimbangkan peraturan yang berlaku di regional masing-masing, hasilnya pun dapat menunjukkan keberlanjutan atau peningkatan upaya konservasi yang lebih besar jika dibandingkan dengan pendekatan oleh satu regional saja. GSMP ini sangat diperlukan mempermudah kegiatan pengelolaan populasi dan habitat spesies tertentu.
PROUD MEMBER OF :